Ngarai Sianok, Keindahan Patahan Bumi Sumatera


Wisata Alam Indonesia - Ngarai Sianok, biasa menjadi menu utama saat mengunjungi Bukittinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok, berada di Desa Sianok, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Keindahannya kondang sampai ke  mancanegara, bahkan disetarakan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Ngarai Sianok memiliki kedalaman 100 m dan panjang kurang lebih 15 km dengan lebar 200 m.  Memanjang di selatan Ngarai Koto Gadang sampai Ngarai Sianok Enam Suku hingga Palupuh.

Ngarai Sianok terbentuk karena adanya pergerakan patahan bumi. Patahannya terbentuk memanjang dan berkelok-kelok dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku dan berakhir di Palupuh. Patahan memanjang atau biasa disebut patahan Semangko ini membentuk dinding curam, tegak lurus dengan lembah dan aliran sungai. Dalam bahasa Minangkabau, aliran sungai dengan air jernih tersebut disebut Batang Sianok.

Baca Juga : Cerita Lucu 2 Sahabat Pergi ke Pasar Baru

Pada masa kolonial Belanda, tempat ini disebut dengan Karbouwengat atau Kerbau Sanget, karena tumbuhan dan padang rumput tumbuh subur dan banyak kerbau liar di dasar ngarai ini.

Surganya Flora dan Fauna Liar
Di dasar Ngarai Sihanok selain aliran sungai Batang Sianok yang jernih, tumbuhan subur membentuk hutan. Tempat ini menjadi lokasi yang aman buat satwa dan fauna liar hidup bergantung. Keberadaan satwa dan fauna liar seakan melengkapi keindahan Ngarai Sianok. Beberapa satwa liar yang bisa ditemui di sepanjang aliran Batang Sianok  diantaranya Siamang atau monyet ekor panjang, tapir rusia, rusa, macan tutul dan babi hutan.

Selain satwa, flora yang tumbuh pun beraneka jenisnya. Yang paling istimewa, banyaknya tumbuhan Raflesia yang bisa ditemui di tempat ini. Bahkan tumbuhan yang punya manfaat untuk obat-obatan juga banyak ditemuai.

Menikmati Hamparan Ngarai Sianok
Kita bisa melihat dan mengagumi bentang alam Ngarai Sianok melalui dua titik lokasi. Lokasi pertama adalah Taman Panorama di tengah kota Bukittinggi. Di sini bisa melihat keindahan Ngarai Sianok dari ketinggian.  Tidak hanya pemandangan tebing curam, lekukan aliran Batang Sianok yang dikelilingi hijaunya hutan tetapi juga menikmati suara burung-burung liar yang  bebas terbang, menambah kesempurnaan keindahan lokasi wisata ini.

Dan jika masih kurang puas,  bisa melanjutkan perjalanan menuju lembah. Hanya saja untuk menuju lokasi ini butuh sedikit perjuangan untuk  melintasi jalan menurun terjal.  Tapi jangan khawatir, semua itu akan terbayarkan dengan melihat indahnya Ngarai dari bawah dan menikmati udara segar hutan dan suara gemericik air sungai yang menentramkan hati.

Posting Komentar

0 Komentar